Divisi Promosi dan Komunikasi Publik

Fostering Creative Minority

Divisi Promosi dan Komunikasi Publik

Universitas Kristen Satya Wacana

Tentang

Divisi Promosi dan Komunikasi Publik

Divisi Promosi dan Komunikasi Publik (DIVPROM) merupakan unit penunjang di bawah koordinasi Rektor yang bertugas utama mengelola branding, melaksanakan kegiatan promosi, serta menyediakan mekanisme komunikasi publik di lingkungan Universitas Kristen Satya Wacana. Dalam menjalankan fungsinya, DivProm terdiri atas tiga bagian, yaitu:

Bagian Promosi dalam DIVPROM dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dengan beberapa staf di bawahnya yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

  • Menyusun pemetaan wilayah pasar promosi
  • Menyusun analisa pasar promosi (lama dan baru)
  • Menyusun Rancangan Strategi Promosi dan target promosi
  • Membuat Rancangan Kegiatan Promosi dalam setahun (roadshow, expo, iklan radio, iklan media cetak dan online, iklan majalah, post media sosial)
  • Membuat Program Promosi (Potongan Biaya Pendaftaran, KOIN, Kupon Undian, dll)
  • Menyusun Timeline Kegiatan Promosi
  • Menyusun Daftar Kebutuhan Media Promosi (Booklet, Baliho, Flyer, Roll Banner, video promosi, poster iklan dll)
  • Bersama Bagian Production House Menyusun Konsep Media Promosi
  • Membangun Jejaring untuk promosi dengan pihak eksternal (Kepala Sekolah dan Guru BK, Alumni)
  • Berkoordinasi dengan squad promosi Fakultas
  • Mengelola Tim Fasilitator 
  • Mengelola SPT
  • Mengelola Call Center
  • Mengelola Talent Wajah UKSW
  • Evaluasi program dan kegiatan promosi

Bagian Komunikasi Publik dalam DIVPROM dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dengan beberapa staf di bawahnya yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

  • Mengelola media komunikasi publik internal universitas (Buletin Senin, website, videotron, media sosial)
  • Mengelola liputan dan pemberitaan universitas (kegiatan, prestasi, kebijakan pimpinan, informasi terkini kampus)
  • Mengelola relasi dengan teman media cetak dan online
  • Pemetaan kerja sama dengan media lokal dan nasional, baik cetak dan digital dalam rangka promosi dan branding universitas
  • Evaluasi kerja sama dengan media lokal dan nasional 
  • Mengelola relasi dengan pihak eksternal untuk mendukung kegiatan promosi dan branding universitas 
  • Mengelola rilis berita ke media eksternal (media online dan cetak area Jawa Tengah, LLDIKTI, media di luar Jawa)
  • Menyusun kliping berita universitas, fakultas, program studi, dan direktorat
  • Monitoring aktivitas promosi perguruan tinggi kompetitor (berita dan iklan)  
  • Analisis berita mengenai universitas, fakultas, dan direktorat
  • Mengelola media sosial (IG, Facebook, Tiktok)
  • Menyusun content planner media sosial untuk kegiatan promosi dan branding universitas 
  • Membuat content media sosial untuk kegiatan promosi dan branding universitas, dalam bentuk desain grafis dan video
  • Berkoordinasi dengan tim media sosial fakultas dan direktorat
  • Analisa dan evaluasi konten media sosial untuk dalam rangka promosi dan branding universitas

Bagian Production House mengelola proses produksi materi promosi, pengelolaan website dan dokumentasi kegiatan aras universitas. Bagian Production House dalam DIVPROM dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dengan beberapa staf di bawahnya yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

  • Bersama tim Promosi menyusun konsep media Promosi
  • Membuat timeline pengerjaan Media Promosi (Booklet, Baliho, Flyer, Roll Banner, video promosi, poster iklan, dll)
  • Mengumpulkan materi untuk pengerjaan media promosi (foto, video, text)
  • Produksi/pengerjaan Media Promosi (desain, cetak)
  • Dokumentasi Kegiatan universitas
  • Dokumentasi Fasilitas dan sarana universitas
  • Membuat video profil universitas
  • Mengelola kebutuhan Website universitas
  • Mengelola layanan streaming
  • Mengelola media sosial Youtube

Jam Pelayanan

07:30 WIB - 16:00 WIB

Lokasi

Jln. Diponegoro no 56-60, Salatiga Jawa Tengah Gedung GAP

Esti Maria Margi Astuti, S.Sos
Kepala Divisi