Fostering Inclusive Education for Everyone
Dian Mawene adalah seorang dosen di Rehabilitation Psychology and Special Education, School of Education, University of Wisconsin-Madison. Ia dikenal melalui penelitian yang mendalami isu-isu ketidaksetaraan dalam pendidikan, terutama yang berkaitan dengan disabilitas, ras, dan kelas sosial. Dian berfokus pada bagaimana faktor-faktor struktural, seperti kebijakan publik dan politik desegregasi sekolah, mempengaruhi akses dan pengalaman belajar siswa, terutama bagi mereka yang berasal dari latar belakang terpinggirkan. Dengan pendekatan ini, ia berharap dapat memberikan wawasan baru yang relevan untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih adil.
Salah satu aspek penting dari penelitian Dian adalah isu kesenjangan sosial dalam pendidikan. Ia mengedepankan perlunya melihat disabilitas dalam konteks yang lebih luas, dengan mempertimbangkan faktor-faktor sistemik yang mempengaruhi pendidikan. Dalam penelitian ini, Dian ingin mengungkap tantangan yang dihadapi siswa di sekolah dan bagaimana berbagai keputusan serta program yang ada dapat berimplikasi pada kualitas pendidikan yang mereka terima. Melalui penelitiannya, Dian berharap untuk mendorong pemahaman yang lebih dalam mengenai isu-isu yang sering terabaikan dalam diskusi seputar pendidikan inklusif.
Dian menempuh pendidikan di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), di mana ia meraih gelar Sarjana Pendidikan pada tahun 2008. Selama di UKSW, Dian aktif terlibat dalam Senat Mahasiswa (SEMA).Keterlibatan ini memberinya pengalaman berharga dalam kepemimpinan dan kolaborasi, serta memperkuat komitmennya terhadap nilai-nilai keadilan dan kesetaraan. UKSW berperan penting dalam membentuk pandangannya mengenai isu kesenjangan sosial. Beberapa mata kuliah pilihan di FBS UKSW sungguh membantu mengasah pemikiran kritis Dian.
Karya penelitian Dian telah menghasilkan publikasi di jurnal-jurnal akademik bereputasi tinggi di dunia seperti American Educational Research Journal (AERJ), Review of Educational Research (RER), Exceptional Children, dan International Journal of Qualitative Studies in Education. Salah satu publikasi terkini Dian yang diterbitkan di AERJ menyoroti pentingnya re-imagination dan redesain sistem disiplin di sekolah dengan mengedepankan perspektif murid dan orangtua sebagai bagian penting dalam prosesnya. Dian juga aktif dalam konferensi dan presentasi, berbagi temuan penelitiannya dengan kolega dan praktisi pendidikan. Ia telah berbicara di berbagai forum, termasuk American Educational Research Association (AERA) dan American Educational Studies Association (AESA). Keterlibatannya dalam organisasi profesional ini membantunya tetap terhubung dengan komunitas pendidikan dan berbagi wawasan yang diperoleh dari penelitiannya.
Dian memperoleh University of New Hampshire College of Liberal Arts Global Racial and Social Inequality Lab Small Grant pada tahun 2023 yang lalu. Penghargaan ini menunjukkan komitmennya untuk mengatasi isu-isu kritis dalam pendidikan, serta mendorong penelitian yang dapat menghasilkan perubahan positif.
Melalui pendekatan transdisipliner yang menggabungkan perspektif dari special education, disability studies, dan kebijakan pendidikan, Dian Mawene berkomitmen untuk menciptakan kesetaraan dalam pendidikan. Dengan terus melakukan penelitian dan kolaborasi yang inovatif, ia berharap dapat memberikan solusi yang nyata untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang lebih adil dan inklusif bagi semua siswa. Dian terus menjadi suara penting dalam upaya menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik bagi semua.