Mahasiswa Public Relations Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW Kenalkan Pentingnya Personal Branding Kepada Para Siswa SMA dan SMK di Kota Salatiga


Mahasiswa Program Studi (Prodi) Public Relations (PR) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) sukses menggelar dua rangkaian kegiatan edukatif yang memperkenalkan dunia public relations kepada siswa SMA dan SMK di Kota Salatiga, baru-baru ini. 

Ketua kegiatan Marshya Olivia Setiawan menerangkan dua kegiatan ini merupakan tugas dari mata kuliah Technopreneurship yang diampu oleh George Nicholas Huwae, S.Pd., M.I.Kom. “Kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk praktik langsung menerapkan pengetahuan yang mereka dipelajari di kelas,” ujarnya.

Marshya Olivia Setiawan juga menuturkan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman serta mengasah keterampilan personal branding dan public speaking para peserta yang dituangkan dalam berbagai aktivitas menarik seperti workshop, informasi beasiswa, hingga games interaktif.

“Selain itu, acara ini juga membuka cakrawala para siswa akan pentingnya personal branding dalam membangun citra diri sebagai public relations profesional,” bebernya. 

Kegiatan edukatif 

Kegiatan edukatif ini diawali dengan acara “Exploring the World of Public Relations di ruang Auditorium Ds. S. Djojodihardjo FTI. Acara yang mengusung tema The Power of Personal Branding ini diikuti 150 siswa dari SMA Negeri 1 Salatiga, SMA Negeri 2 Salatiga, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Salatiga, SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Salatiga, serta SMA Al Azhar 30 Salatiga. 

Tak berhenti sampai di situ, rangkaian kegiatan berlanjut dengan Public Relations Fun Visit, di mana mahasiswa mengunjungi lima sekolah yaitu SMK 1 Salatiga, SMK 2 Salatiga, SMA Kristen Satya Wacana Salatiga, dan SMK Kristen 1 Salatiga. 

Acara yang dikemas dengan nuansa belajar asyik dan menyenangkan ini semakin semarak dengan berbagai games kreatif yang mampu melatih keterampilan komunikasi dan kreativitas para siswa.

Pembelajaran interaktif ini berhasil menarik perhatian para siswa. Lalita siswa dari SMA AL AZHAR 30 Salatiga mengungkapkan rasa senangnya karena memperoleh wawasan baru mengenai dunia public relations. “Acara ini seru banget. Saya banyak mendapatkan pengalaman dan wawasan dari pemateri. Di samping itu saya juga dapat explore bidang public relations yang ada di FTI UKSW ini,” ungkapnya. 

Tak hanya Lalita, Reva salah satu siswa yang mengikuti kegiatan Public Relations Fun Visit juga mengungkapkan rasa senangnya. “Kunjungan dari PR FTI ini memberikan pengalaman tentang bagaimana mempromosikan suatu produk. Tentunya hal ini meningkatkan kemampuan berkomunikasi di depan umum. Saya juga menantikan kunjungan berikutnya,” katanya. 

UKSW merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah terakreditasi Unggul. Berdiri sejak tahun 1956, memiliki 15 fakultas dengan 63 pilihan program studi jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3. Terletak di Salatiga, kampus ini dikenal sebagai Kampus Indonesia Mini, karena keragaman mahasiswanya yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. Selain itu, UKSW juga dikenal dengan julukan Creative Minority atau minoritas berdaya cipta, yaitu sekelompok kecil individu yang memiliki kemampuan untuk menciptakan perubahan, menjadi agen transformasi, dan menginspirasi masyarakat.

Kegiatan edukatif ini menandaskan bahwa UKSW terus berkomitmen untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) ke- 4 pendidikan berkualitas. Salam Satu Hati UKSW! (Wiw_TimKomblik/foto:istimewa)

Bagikan di jejaring sosial: